Kamis, 17 November 2011

Medali Emas Indonesia Tembus 100

Tim Perenang Indonesia mengangkat tangannya setelah berhasil memenangi nomer 4x100 meter gaya ganti estafet Sea Games XXVI di stadion aquatic, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (17/11). Tim renang Indonesia nomer 4x100 meter gaya ganti estafet mendapatkan mendali emas dengan catatan waktu 3:41:35 detik. 
Perolehan medali emas Indonesia di SEA Games XXVI semakin jauh meninggalkan pesaingnya. Hingga kemarin kontingen Indonesia sudah mengoleksi 100 emas, 74 perak, dan 74 perunggu. 

Vietnam, yang menyodok di peringkat kedua, baru mengantongi 66 emas, 64 perak, dan 63 perunggu. Sedangkan Thailand, yang mengumpulkan 63 emas, ada di peringkat ketiga. 

Indonesia masih berpeluang besar menambah pundi-pundi emasnya. Hari ini beberapa nomor yang diperkirakan menjadi lumbung emas untuk Indonesia baru mulai bertanding. Di antaranya dari cabang wushu, kempo, dan perahu naga.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia Supandi Kusuma menargetkan menyapu bersih dua emas dari nomor nanquan putra dan putri. "Bisa sapu bersih medali emas. Saya yakin bisa karena atlet sudah siap," kata Supandi.

Pada laga perdana, cabang wushu akan menurunkan Heriyanto dan Johanes Bie untuk nomor 
nanquan putra. Sedangkan nomor nanquan putri mengandalkan Desi Indriastuti dan Ivana Ardelia Irmanto.

Supandi yakin mereka bisa meraih emas karena Heriyanto nangkring di peringkat kelima dunia dan Johanes Bie ada di peringkat ketujuh dunia. Sedangkan Desi baru-baru ini meraih perak pada Kejuaraan Dunia di Turki 2011. Sedangkan Ivana merupakan peraih perak Asian Games Guangzhou 2010.


Sekretaris Jenderal Wushu Indonesia Ngatino menambahkan, cabang wushu ditargetkan meraih lima dari 20 emas SEA Games XXVI. "Kami bisa meraih target itu," kata Ngatino. Dua tahun lalu, wushu menyumbangkan dua emas melalui Susyana Tjan dan Ardi Lukman.

Dari cabang kempo, Indonesia juga bertekad merebut empat emas dari nomor seni yang dipertandingkan hari ini. "Mudah-mudahan bisa empat emas," kata Nasrul Qadar Taslim, pelatih kempo Indonesia, kemarin.

Menurut Nasrul, tim kempo hanya membidik lima emas di pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut. Cabang kempo menyediakan 16 medali emas. "Kami optimistis bisa memenuhi target itu," ujarnya. Cabang kempo baru pertama kali dilombakan di SEA Games. 

Sedangkan tim perahu naga juga akan memulai perjuangan untuk menyapu bersih 10 medali emas hari ini. Pelatih kepala perahu naga Indonesia, Mohamad Suryadi, menyatakan yakin anak asuhnya menorehkan sejarah menyapu bersih emas. "Kalau melihat peluangnya sih ada. Doakan saja," kata Suryadi. Setidaknya, kata dia, perahu naga bisa meraih enam emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar